Introduction

Pengantar English Pronunciation

Mengapa kita perlu belajar pronunciation bahasa Inggris? Karena pronunciation (cara anda berbicara) adalah hal terbesar yang dapat dilihat orang dari bahasa Inggris kita. Kita harus mempelajarinya sekalipun kita menganggap bahwa kita sudah bisa berkomunikasi dalam bahasa Inggris.

Pronunciation terkadang menyebabkan sakit kepala bagi orang yang baru belajar bahasa Inggris karena ada beberapa bunyi dalam bahasa Inggris yang tidak terdapat dalam bahasa kita. Selain itu, perlu diketahui bahwa ejaan (spelling) sebuah kata tidak selamanya dapat membantu secara akurat untuk mengetahui bagaimana kata tersebut dilafalkan (pronunced). Dan pelafalan (pronunciation) sebuah kata tidak selamanya dapat membantu untuk mengetahui ejaannya.

Ada 26 huruf dalam alfabet bahasa Inggris tetapi terdapat lebih dari 40 bunyi (sounds) dalam bahasa Inggris. Ini berarti bahwa jumlah bunyi pada sebuah kata tidak selamana sama dengan jumlah huruf-hurufnya.

Contoh, kata ‘CAT’ terdiri dari tiga huruf dan tiga bunyi tetapi kata ‘CATCH’ terdiri dari lima huruf namun masih tetap tiga bunyi. Jika kita menulis kata-kata ini dengan menggunakan simbol bunyi dalam bahasa Inggris (akan dibahas secara ringkas nanti), maka kita bisa melihat berapa banyak bunyi yang dimiliki.

CAT dituliskan sebagai – /k æ t/
CATCH dituliskan sebagai – /k æ tʃ/

Pada ‘CATCH’ ketiga huruf TCH hanya memiliki satu bunyi yang dituliskan dengan satu simbol /tʃ/

Dalam pengantar English Pronunciation ini, kita akan melihat bagaimana cara mempelajari pronunciation bahasa Inggris dan tahapan-tahapannya:

1. Mempelajari bunyi-bunyi yang ada dalam bahasa Inggris dan simbol-simbolnya

Seperti yang telah disebutkan di atas, ada 26 huruf dalam alfabet bahasa Inggris tetapi terdapat lebih dari 40 bunyi. Salah satu cara untuk memudahkan mempelajari setiap dari bunyi adalah dengan menggunakan simbol fonetik atau IPA (International Phonetic Aplhabet) bahasa Inggris. Berikut daftar simbol bunyi bahasa Inggris.


Adapted: BBC Learning English

2. Mempelajari transkripsi fonetik (penulisan) kata-kata dan penekanan pada suku kata.

Transkripsi fonetik biasanya dituliskan dengan simbol IPA, sehingga dengan mengetahui simbol-simbol bunyi maka Anda dapat mengetahui pronunciation sebuah kata hanya dengan melihat kamus (kebanyakan kamus menuliskan pronunciation sebuah kata dengan simbol IPA, seperti kamus Oxford standar).

Jika sebuah kata memiliki banyak suku kata, maka salah satu diantaranya selalu dilafalkan lebih kuat. Ini disebut tekanan kata (word stress), dan yang ditekan adalah suku kata. Contoh, kata become, suku kata yang ditekan adalah come bukan be. Kita bisa mengetahui suku kata yang ditekan dengan melihat kamus. Biasanya digunakan tanda petik tunggal (‘) sebelum suku-kata yang ditekan. Contoh, kata become dalam kamus yang disetai transkripsi fonetik akan ditulis seperti ini /bɪ’kʌm/ (penekanan pada come) bukan seperti ini /’bɪkʌm/ (penekanan pada be).

Jika sebuah kata hanya memiliki satu suku kata (misal: pen, house), maka suku-kata tunggal tersebut selalu ditekan. Untuk ini, dalam kamus biasanya tidak digunakan tanda tekanan sebelumnya suku-kata tunggal. Jadi tidak ditulis /’pen/ tetapi hanya ditulis /pen/.

3. Belajar melafalkan semua bunyi bahasa Inggris

Setelah mengetahui semua bunyi bahasa Inggris cobalah mendengarkan bagaimana bunyi sebenarnya dari bunyi tersebut jika digunakan dalam kata dan kalimat. Latih pronunciation Anda, dengarkan kata-kata dan kalimat-kalimat bahasa Inggris, dan coba ulangi dan ulangi.

4. Mempelajari pronunciation setiap kata bahasa Inggris yang digunakan/ditemukan

Pada kebanyakan bahasa, termasuk bahasa Indonesia, ketika kita membaca sebuah kata kita akan tahu bunyinya. Tetapi tidak untuk bahasa Inggris. Membaca sebuah kata bahasa Inggris tidak turut menjelaskan bagaimana cara pengucapannya. Sebagai contoh, kata no dan do keduanya berakhiran o tetapi o pada kedua kata itu dilafalkan secara berbeda. Ini artinya bahwa Anda harus mempelajari pronunciation setiap kata yang akan digunakan. Lalu bagaimana Anda bisa mempelajari pronunciation sebuah kata bahasa Inggris? Anda bisa menemukan transkripsi fonetiknya dalam kamus standar, dengan catatan bahwa Anda sudah harus tahu simbol-simbol bunyi.

Inilah pengantar dan beberapa tahapan dalam belajar pronunciation. Setiap dari tahapan ini akan kita bahas secara bertahap pada postingan-postingan mendatang. Untuk yang pertama pada postingan berikutnya, kita akan mempelajari simbol-simbol bunyi bahasa Inggris dan cara pelafalannya.

Lanjutkan ke materi pronuncian berikutnya:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s